Sakit Perut pada Dewasa – Ulasan Singkat

Sakit perut yaitu makna yang kerap dipakai untuk memberikan indikasi perasaan kram atau ngilu pada wilayah perut. Perasaan ini kebanyakan cuma berjalan tidak lama serta tak beresiko. Sakit perut bisa berlangsung pada perut sisi atas atau bawah, serta bisa kira-kira dalam intensif mudah hingga ngilu kronis kritis.

Yang menimbulkan tanda-tanda sakit perut beragam serta bisa termasuk penyakit kandung empedu, ulkus (sariawan) pada lambung, keracunan makanan, diverticulitis, usus buntu, kanker, penyakit atau soal wanita (contohnya, fibroid, kista, PMS), serta soal vaskular. Untuk didapati, sejumlah wanita kebanyakan alami sakit perut sepanjang kehamilan.

Area sakit perut mungkin di kanan atas atau kiri atas (kuadran), kanan bawah atau kiri bawah, serta atas, tengah, serta bawah. Yang menimbulkan sakit perut didiagnosis dengan anamnesis (pertanyaan dokter perihal soal Anda), pengecekan fisik, serta pengecekan pendukung (contohnya, sinar-X serta tes darah). Penyembuhan untuk sakit perut terkait pada sebabnya serta bisa termasuk apa pun hasil dari pengecekan , obat-obatan serta proses yang termasuk endoskopi, serta operasi. Prognosis untuk sakit perut terkait pada yang menimbulkan serta ketepatan perawatan medis serta penelitian.

Yang menimbulkan serta area ngilu abdomen (kanan, kiri, atas, bawah)
Sakit perut bisa dikarenakan oleh:

-Inflamasi (apendiksitis, divertikulitis, kolitis).
-Penarikan atau distensi organ (contoh: batu empedu, hepatitis).
-Kehilangan darah untuk organ tersendiri (contoh: kolitis iskemik).

Bagaimana jenis serta area sakit perut?
Model serta area ngilu bisa menopang dokter temukan sebabnya. Intensif serta waktu ngilu harus diperhitungkan sewaktu membuat penelitian. Sejumlah ciri-ciri umum sakit perut yaitu sebagaimana berikut:

-Seperti apa rasa nyerinya: Sakit perut bisa tajam, tumpul, tertusuk, keram, seperti disayat, melilit, atau tajam menyerang. -Semua model ngilu itu bisa berlangsung.
-Berapa lama ngilu berjalan: Sakit perut bisa cepat, atau sepanjang beberapa saat, atau bertahan hingga beberapa waktu lebih lama. Kadang, sakit perut ada dengan kuat sekejap serta berkurang.
-Kejadian yang mengundang: Ngilu tambah buruk atau berkurang sebab insiden tersendiri, seperti sesudah makan, atau lebih baik sewaktu usus bergerak, atau tambah baik sesudah muntah, atau tambah buruk sewaktu berbaring
-Lokasi ngilu:
Ngilu perut kiri atas: limpa yang jadi membesar.
Ngilu perut kanan atas: penyakit yang terkait dengan kandung empedu, hepatitis.
Ngilu perut kiri bawah: divertikulitis, kista, torsi ovarium (indung telur).
Ngilu perut kanan bawah: radang usus buntu (apendiksitis), soal ovarium bagian kanan
Ngilu perut atas: ulkus lambung, gastritis, pankreatitis.
Ngilu perut bawah: infeksi aliran kemih, soal reproduksi wanita seperti fibroid rahim serta kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *