Pengerasan Arteri (Aterosklerosis) – Pembedahan dan Pencegahan

Pembedahan penyakit pengerasan arteri atau aterosklerosis bisa dikerjakan dengan berbagai perihal tersebut:

-Balon angioplasti: Dalam proses ini, kateter berbuntut balon dimanfaatkan buat buka pembuluh darah yg terhambat atau arteri yg menyempit. Kateter (tabung tipis) dimasukkan ke pada tubuh lewat pembuluh darah di wilayah pangkal paha serta menggerakkan semua jalan ke atas serta ke arteri yg terhambat. Sewaktu sisi arteri yg menyempit terwujud, balon diciptakan buat menghimpit plak pada dinding arteri sampai lumen arteri yg terserang dapat membentangkan diameternya, sampai menaikkan saluran darah yg awal kalinya terhalang oleh arteri. Permasalahannya yakni kalau kehancuran balon dinding sesaat, membuat stimulus buat susunan dalam atau endothelium buat berkembang biak, serta restenose arteri dengan jaringan memiliki serat.

-Stenting: Kerap menuruti angioplasti, tabung logam yg dimaksud stent ditaruh di arteri buat jaga lumen terbuka sehabis dilatasi sukses. Stent berperan sebagai simpatisan dinding arteri, menahan dinding arteri pailit atau mundur, serta menyegel wilayah endotelium yg cedera (endotelium yakni dinding dalam pembuluh darah). Sejumlah stent yg dilapis dengan obat privat yg menopang menahan proliferasi endotel, serta memblok kembali arteri yg terserang. Sehabis stenting, pasien disuruh buat ambil obat buat menahan pembekuan dari permukaan logam.

Bila pergantian life-style, obat-obatan serta pemasangan stent tidak menopang dalam kurangi tanda-tanda aterosklerosis atau angioplast, jadi proses operasi bypass bisa dikerjakan.

-Operasi bypass: Operasi ini memanfaatkan arteri atau vena dari wilayah lain pada tubuh buat berikan jalan lain buat arteri yg terhambat serta menaikkan saluran darah ke arteri hilir. Sewaktu operasi dikerjakan pada arteri koroner, yg dimaksud operasi bypass arteri koroner. End-arterektomi arteri karotis dapat bersihkan plak di arteri sampai saluran darah lebih ringan diraih ke otak. Operasi bypass arteri kaki kerap memanfaatkan tabung yg direncanakan privat (cangkok) dari kain, Dacron, atau plastik.

Mencegahan Pengerasan Arteri

Buat menopang menahan aterosklerosis, satu orang butuh buat kurangi/hilangkan aspek efek yang bisa diubah (tekanan darah tinggi, persentase glukosa darah tinggi, persentase cholesterol darah tinggi, merokok, obesitas, serta kurang olahraga). Terkecuali itu, Anda harus konsumsi makanan rendah lemak suntuk, sayur dan buah. Sesaat bila depresi emosional sebagai yang memicu, kita harus menemukannya trik buat kurangi atau mengontrolnya.

Untungnya, ada beberapa langkah buat menanggulangi faktor-faktor efek. Contohnya, olahraga menopang satu orang buat turunkan berat tubuh, yg pada gilirannya menopang buat turunkan persentase cholesterol serta tekanan darah.

Buat didapati, banyak orang-orang yg mempunyai soal dengan saluran ke sejumlah organ penting bisa bertahan hidup sepanjang beberapa tahun. Sesaat pada masalah lain, kematian tiba-tiba mungkin adalah aktualisasi klinis pertama aterosklerosis. Jadi, penekanan harus ditaruh pada individu buat mengatur aspek efek yang bisa diidentifikasi pada diri sendiri buat menahan aterosklerosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *